8 Oleh-oleh Khas Manado yang Paling Populer

Manado, kota tersebut terkenal dikarenakan memiliki spot diving yang apik. Salah satunya ialah Taman Laut Bunaken yang telah terkenal sesudah mancanegara akhirnya menciptakan kota itu tetap dibanjiri menurut pelancong, prima itu pengunjung domestik atau global. Bukan sekedar objek bertamasya alamnya, Manado dengan memiliki kuliner khas yang lezat.

Bahwa Kamu mendatangi Manado, selain menikmati berlibur alam juga kuliner, jangan lupa untuk mendapatkan pulang oleh-oleh khas Manado untuk kerabat terdekat. Apa saja sih oleh-oleh khas Manado yang populer serta rasa yang lezat? Simak yuk ulasanya berikut itu:
1. Klappertaart
Klappertaart

Klappertaart

Klapertaart yaitu kue khas Belanda dengan sentuhan budaya Indonesia. Klappertaart sebenarnya mempunyai tafsiran cake kelapa atau tart kelapa. Klapertaart ini terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dengan air kelapa. Kue itu biasanya disuguhi pada situasi dingin. Klapertaart menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis juga teksturnya yang lembut.

Klapertaart berhasil bertahan sampai 12 jam asalkan dibungkus dalam wadah yang rapat serta disimpan pada suhu dingin. Tetapi bahwa Kita berencana demi membawanya terbang dari Manado ke Jakarta atau kota lainnya kue ini tetap berhasil bertahan, asalkan ketika sampai di lokasi segera dimasukkan ke lemari es. Harga klapertaart tersebut berkisar antara 15.000 Rupiah sampai 60.000 Rupiah tergantung dari ukurannya.
2. Halua kenari
Halua kenari

Halua kenari

Halua Kenari merupakan kue khas Manado yang dibuat juga bahan nomor satu kacang kenari. Kacang kanari ialah tumbuhan yang tumbuh subur dalam Sulawesi Utara. Kacang kenari tersebut dilapisi oleh gula merah yang sudah dilebur. Tidak susah kepada Anda demi menemukan camilan favorit masyarakat Manado ini, karena sangat banyak sekali dijual dalam toko oleh-oleh. Biaya yang dipatok demi makanan tersebut berkisar diantara 10.000 – 45.000 Rupiah tergantung dari ukuran dengan berat isinya. Kudapan tersebut sebagai teman yang cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi.
3. Panada
Panada

Panada

Satu diantaranya makanan yang top pada Manado selain klapertaart merupakan panada. Sebetulnya, makanan ini bukanlah khas dari Manado, melainkan makanan peninggalan bangsa Portugis yang asal menuju Minahasa beberapa dekade yang lalu.

Nama Panada pun mempunyai makna empanada, adalah isian makanan berupa ikan yang dibungkus roti.
Kue itu mempunyai bentuk mirip pastel, tapi dengan isi yang berbeda yaitu ikan cakalang dibumbu panpis. Bumbu panpis juga adalah ikan cakalang yang dimasak serta bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, serta daun bawang. Biaya kue itu dibandrol mulai satu.250 Rupiah. Makin mahal harganya berarti isinya juga semakin dominan.
4. Pala manis
Pala Manis

Pala Manis

Pala manis merupakan kudapan khas Manado yang telah terkenal hingga wilayah sekota, bahkan makanan tersebut telah diekspor menuju Malaysia. Pala manis Manado mempunyai tampilan yang berbeda dibanding manisan pala yang terbuat dari tempat lain. Pala manis Manado terbuat dari buah pala dengan cairan gula yaitu pemanis, sehingga teksturnya mengkilap dengan lebih bersih. Dalam daerah yang lain, manisan pala pada apalagi memakai gula pasir.

Harga yang dipatok demi pala manis itu rata-rata 40.000 Rupiah per bungkusnya. Kamu dapat menemukan pala manis tersebut pada segala sudut kota Manado, dan begitu juga pada counter Bandara Sam Ratulangi Manado atau Pelabuhan Bitung
5. Kacang goyang
Kacang goyang

Kacang goyang

Kacang goyang ialah camilan yang wajib tetap berada dalam event hajatan publik Manado. Kacang goyang adalah kacang atom yang berbalut terigu yang lalu dilumuri gula pada lapisan luarnya sehingga memiliki warna yang beragam. Nama kacang goyang juga diperoleh sesuai proses pembuatannya, karena pembuatan kacang tersebut wajib digoyang-goyang.

Berada seorang daerah yang terkenal sebagai daerah pembuat kacang goyang dalam Kotamobagu. Bahan-bahan yang biasanya dipakai untuk mencetak kacang ini antara lain coklat van houten, gula putih, serta zat pewarna makanan yang sudah terdaftar aman. Biaya kacang tersebut berkisar diantara sepuluh.000 Rupiah sampai 25.000 Rupiah.
6. Dodol amurang
Dodol Amurang

Dodol Amurang

Tak sekedar kota Garut yang populer dan dodolnya, ternyata Manado juga miliki dodol khas tersendiri yaitu dodol amurang. Dodol amurang itu sangat banyak diproduksi dalam Kabupaten Minahasa Selatan. Dodol itu terbuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni yang menanggapi disaring demi disabet santannya, kacang, dengan kayu manis.

Setelah semua bahan jadi satu juga dibungkus juga daun kelapa, dodol itu dikukus dan bertensi tinggi 120 derajat. Dodol amurang adalah makanan diharuskan dalam aktifitas syukuran masyarakat Manado. Biaya dodol itu berkisar 500 setelah 5.000 Rupiah terserah dari ukurannya.
7. Cakalang fufu
Cakalang Fufu

Cakalang Fufu

Penikmat makanan pedas paling senang dengan cakalang fufu. Makanan khas Manado ini terbuat dari ikan cakalang yang menghadapi proses pengasapan. Proses pengasapan dalam Manado dimaksud fufu. Itulah kenapa disebut merupakan cakalang fufu. Ikan cakalang itu mampu dijumpai di Pelabuhan Nelayan Belitung.

Banyaknya pasokan ikan menciptakan warga dalam daerah pesisir mengawetkan ikan tersebut. Sebelum diasap, terlebih dahulu ikan dibersihkan juga dibuang sisiknya. Lalu dibelah menjadi dua serta dilumuri bumbu. Proses pengasapan itu pun memakan momen empat jam. Harga per ikan bervariasi tergantung dari besarnya, biasanya berkisar diantara 35.000 sampai 65.000 Rupiah.
8. Sambal roa
Sambal Roa

Sambal Roa

Sambal roa ialah sambal khas dari Manado yang sudah populer dalam seluruh Indonesia dengan mempunyai dominan suporter. Sambal roa merupakan sambal yang terbuat dari ikan roa yang sudah diasap. Ikan roa yang sudah diasap ini dihancurkan sampai halus. Ikan roa yang sudah halus ini lalu dimasak bersama bumbu juga minyak. Sambal roa ini amat lezat dinikmati bersama juga nasi keras.

Di Manado juga, sambal roa biasanya dinikmati dan bubur Manado. Sambal ini berhasil bertahan hingga enam bulan seumpamanya berada dalam suhu ruangan, juga mampu mencapai seorang season kalau disimpan di pada kulkas. Harga sambal ini diantara 55.000 sampai 65.000 Rupiah.

Pos ini dipublikasikan di Wisata dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar